Thursday, April 20, 2017

sisi positif konflik


Di era modern ini banyak sekali konflik yang terjadi. Konflik pun bermacam-macam dan berevolusi tiap zamannya, namun kita harus mampu mengelola konflik-konflik tersebut agar menjadi sesuatu yang bermakna. Kali ini saya akan mengajak kalian bagaimana menilai sisi positif konflik
Banyak sekali kajian tentang konflik. Ilmu sosiologi sendiri memasukkan konflik sebagai bagian dari proses social yang disosiatif. Menurut siti norma , konflik adalah suatu proses social yang berlangsung dengan melibatkan orang-orang atau kelompok-kelompok yang saling menantang dengan ancaman kekerasan. Dalam bentuknya yang ekstrim, konflik itu dilangsungkan tidak hanya sekedar untuk mempertahankan hidup atau eksistensi ( jadi bersifat defensive ),akan tetapi juga bertujuan sampai ke taraf pembinasaan eksistensi orang atau kelompok lainyang dipandang sebagai lawan atau saingannya.
Kita bisa lihat dari konflik yang ada saat ini bahwa banyak sekali kelompok-kelompok yang berseteru dimana mereka saling bertujuan untuk menjatuhkan sehingga eksistensi kelompok yang menang akan semakin gemilang. Ketika konflik sudah terjadi maka hal yang harus kita lakukan yaitu menyelesaikan konflik itu karena konflik tidak memberikan manfaat sedikitpun, selain itu juga harus dilakukan pencarian dimensi-dimensi positif  dari konflik yang telah terjadi.
Konflik bisa terjadi dimana pun dan kapan pun, tidak mengenal tempat . konflik bisa terjadi dari berbagai level dari keluarga hingga negara. Berberapa penyebab konflik yaitu kemiskinan , represi negara , ego kelompok , ketidakmampuan masyarakat menyikapi masalah  dan yang terakhir globalisasi.
Dalam proses ikhtiar untuk penyelesaian konflik kita bisa memberikan penawaran menarik untuk penyelesaian suatu malasah yaitu
1.      kesejahteraan masyarakat, solusi ini merupakan antitesis dari penyelesaian masalah kemiskinan
2.      reorientasi peran negara , solusi ini merupakan antithesis dari permasalahan represi negara
3.      membangun kesadaran keragaman dalam berkelompok sehingga bisa menanggulangi permasalah ke-egoan dalam kelompok
4.      pemberdayaan masyarakat sebagai solusi permasalahan ketidakmampuan masyarakat dalam menyikapi masalah
5.      respon kreatif-positif sebagai solusi permasalahan arus globalisasi yang sedang terjadi.

Lewis Coser  menyatakan bahwa ada aspek positif yang dapat kita petik dari sebuah konflik yang terjadi. Ada 3 aspek positif yang dapat diambil. Pertama , situasi konflik akan meningkatkan kohesi internal dari kelompok-kelompok terkait. Kedua , situasi konflik mampu menciptakan atau mempertahankan keseimbangan antar kelompok . ketiga mampu menciptakan asosiasi-asosiasi dan koalisi-koalisi baru.


Siti norma juga menyatakan bahwa sekalipun sering berlangsung dengan keras dan tajam,proses konflik sering mempunyai akibat-akibat positif bagi masyarakat. Konflik yang terjadi dalam diskusi misalnya jelas akan unggul , sedangkan pikiran-pikiran yang kurang terkaji secara benar akan tersisih.




1 comment:

  1. BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014

    Dapatkan Bonus Spesial Ulang Tahun B-o-l-a-v-i-ta ke 6 !
    Event Promo Freechips Deposit s/d Rp 2.000.000,-
    Berlaku 10 Maret 2019 Pukul 12:00 - 19:00 WIB
    Yuk Gabung Bersama B-o-l-a-v-i-t-a Di Website www. b-o-l-a-v-i--ta .fun
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: B-O-L-A-V-I-T-A
    WA: +62-8-1-2-2-2-2-2-9-9-5

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa beri komentar ya ?